Minggu, 21 September 2014

Tutorial Blender 3D : Membuat Text Nama 3D


Bagi yang belum kenal Blender 3D Animasi, saya akan berikan tutorial singkatnya. Di sini saya akan jabarkan tentang bagaimana cara membuat Text Nama 3D dengan Blender.


Blender merupakan satu-satunya perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender juga dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi juga fitur-fitur untuk membuat permainan (game). 

Gambar tersebut adalah tampilan yang pertama dijumpai ketika membuka Blender. Biasanya ketika pertama kali mmbukanya, akan tampak object seperti gambar dibawah ini, yakni object cube.

Cube adalah obyek yang semuanya sisinya memiliki panjang dan lebar sama. Dalam object 3D ada tiga hal unsur utama dalam pembuatan obyeknya, yakni panjang, lebar dan tinggi. Karena sebuah obyek 3D dipastikan mempunyai volume sebagai bentuk gambaran dari benda nyata.
Jika kita ingin menambahkan objek, maka disini akan dijelaskan pula tata caranya. Lihat gambar di bawah ini. Klik Add di pojok kiri atas, pilih Mesh kemudian daftar semua obyek akan keluar. Klik Cube.
 
Namun disini bahasan kita adalah bagaimana membuat nama kita  menjadi obyek 3D dengan blendeg 3D animasi. Jadi sebaiknya kita hapus dulu objyek cube yang sudah ada dengan shortcut X atau Delete kemudian . Setelah menghapus obyek Cube, sekarang kita membuat obyek text. Caranya klik Mesh kita memilih Text .

Kemudian untuk merubah huruf textnya dengan Klik Kanan untuk menseleksi objek,  kemudian Tabs untuk menganti mode obyek ke mode edit, hapus text dengan backspace dan  selanjutnya ketikan huruf yang diinginkan. Setelah selesai kembalikan ke mode edit.
 
Dasar-dasar pengoprasian Blender ;
ü  Memindahkan Obyek
* Shortcut : G
* Object Tools : Translate
ü  Merubah ukuran Obyek
* Shortcut : S
* Object tools : Scale
ü  Memutar Obyek
* Shortcut : R
* Object Tools : Rotate
ü  Memutar Sudut pandang/ camera
* Klik Kanan pada Mouse atau Alt dan gerakan mouse
* Numpad 1 : melihat sisi depan obyek
* Numpad 3 : melihat sisi kanan obyek
* Numpad 7 : melihat sisi atas obyek
* Untuk melihat sisi yang berbalikan tambahkan Ctrl
ü  Memperbesar/ kecil Tampilan
* Tekan + / -
* Roll Mouse

Dalam penempatan obyek, disarankan obyek berada di  pusat bidang 3D. Caranya dengan  Shift+S pilih cursor to center.
Membuat obyek berdiri. Caranya seleksi obyek, Shortcut R lalu tekan X kemudian 90. Maksudnya kita memberikan perintah memutar obyek sumbu X 900. Numpad 1.

 

Numpad 3, untuk melihat dari sisi kanan obyek. Kemudian kita akan merubah ketebalan objek, jarak dan tepian objek. Klik icon F di menu-menu pojok kanan.


Scale obyek jika terasa ukurannya terlalu kecil. Shortcut S. Langkah berikutnya adalah mewarnai obye, dengan cara klik icon bola di menu-menu pojok kanan ( di kanan F persis ). Klik Icon + untuk menambahkan slot baru untuk mewarnai obyek. Klik New. Sesuaikan Diffuse dengan warna yang diinginkan.


Hapus lamp yang ada di belakang obyek. Seleksi lamp ( klik kanak ), kemudian shortcut X dan Ok.

Seleksi kembali obyek. Naikan Emit objek tersebut.



Di sini saya merubah warnanya menjadi kuning, karena jia saya memilih warna merah cahayanya nanti kurang menyala. Kemudian convert obyek ke mode objek. Tujuannya agar kita bisa menambahkan obyek lain. Alt+C kemudian Curve from Mesh/Text.
Tekan S ( shortcut S ),  kemudian cursor to center. Disini kita akan menambahkan obyek plane. Shift A, untuk menambahkan obyek. Pilih Mesh kemudian Plane. Scale ( Tekan S) plane sesuai ukuran yang diinginkan. Geser Mes ke kanan dengan tekan G kemudin X, tarik cursor ke kanan.
 

Membuat tulisan tampak bercahaya
Seleksi objek plane. Klik icon Globe ( menu di pojok kanan ). Centrang Indirect Lighting. Kemudian klik approximate pada gather.
 


Untuk melihat hasil jadi tekan F12.
Mengatur sudut pandang obyek
* Tekan 0 ( Nol )
* Tekan N, kemudian centrang Lock Camera to View.
+ / - untuk menrubah ukuran tampilan
* Tekan Alt+Ctrl kemudian tarik ke kanan atau ke kiri untuk menggeser obyek sesuai bingkai camera
Tekan F12 untuk melihat hasil Rendering
* Scale plane jika background world masih terlihat

ü  Untuk kembali ke mode objek tekan Esc
ü  Tekan F3 untuk menyimpan dalam forman Png




Hasil jadinya kurang lebih seperti ini, selamat mencoba. Mohon maaf jika masih ada yang kurang jelas.


Hawin Riskatul Barkah ( 13.01.55.0081 )
hawin@internetclub.or.id           

9 komentar: