Sabtu, 27 September 2014

Dampak Sosial Media ( Somed )

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan internet yang sebelumnya hanya digunakan kalangan tertentu untuk mengirimkan email dan browsing website kini telah merambah semua kalangan untuk penggunanya. Kemajuannya jelas sangat signifikan. Seperti yang kita tahu, saat ini internet telah menjadikan bagian hidup para penggunanya. Dengan adanya internet seseorang  kini dapat berkomunikasi dengan siapa saja dimanapun keberadaan dan kapanpun waktunya denagn adanya sosial media atau sosmed.



Definisi Media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Kebebasan berekspresi ataupun beropini yang ditawarkan dalam sosial media pada dasarnya hal yang sangat bermanfaat dalam konteks “sharing pengetahuan”. namun banyak orang yang salah mengartikannya dan menggunakan sosmed sebagai ajang pamer, menghina, munghujat, ataupun menulis kegiatan sehari-hari. Walaupun disini lain, ada juga orang yang memanfaatkan sosmed sebagai media pembelajaran, sharing, ataupun mencari penghasilan.

Sebuah penelitian mengenai dampak negatif jejaring sosial menunjukkan kalau para pengguna jejaring sosial akan cenderung mempunyai sikap kurang bahagia dan tidak puas dengan kehidupan yang dijalaninya. Selain itu, para pengguna jejaring sosial juga akan lebih gampang curiga. Hasil ini dibuktikan dengan kurangnya interaksi daam dunia nyata para pengguna sosmed yang mengakibatkan kurangnya rasa nyaman dan kebahagiaan dalam kehidupannya, serta menurunnya kepercayaan kepada orang lain sehingga dengan ulasan tersebut dikataakan bahwa jejaring sosial mempunyai dampak yang sangat negatif meski hal lainnya membuat jejaring sosial bisa menghubungkan teman satu sama lain.
Namun, pada dasarnya media sosial pun dapat bermanfaat dalam artian berdampak positif bagi kehidupan penggunanya. Bisa dilihat dengan maraknya orang-orang menggunakan social media online dengan membuka toko online yang menjual aneka barang yang mulai dari pakaian hingga makanan. Media sosial juga digunakan dalam penawaran jasa pendidikan keahlian secara online, contohnya saja bahasa inggris, web design, bisnis online dsb.
Nah, lengkapnya fasilitas yang dimiliki internet menjadikan masyarakat lebih memilih berinteraksi di dunia maya, karena selain fasilitas yang lengkap kemudahan untuk meng-aksesnya dimana saja dan kapan saja.


Nah sekian yang saya jabarkan. Bagaimana kita akan memperlakukan social media ada di tangan pembaca. Gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat ya.

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin media sosial, tau ga sih kalo medsos itu ternyata bisa bikin seseorang jadi boros. Cek penjelasannya di sini ya: Media sosial bikin kamu milenial makin boros, kok bisa?

    BalasHapus