Minggu, 14 September 2014

Layanan Cloud OneDrive - Peningkatan Batasan Ukuran File


      Para pengguna layanan penyimpanan awan milik Microsoft, OneDrive, kini bisa menyimpan file berkapasitas besar dalam akun miliknya. Microsoft baru saja meningkatkan batasan ukuran file yang bisa diupload ke OneDrive. Peningkatan tersebut dilakukan dari sebelumnya terdapat pembatasan file berukuran maksimal 2GB menjadi 10GB.
          Hal ini pun diharapkan bisa memberikan berbagai keuntungan bagi para pengguna OneDrive. Terlebih file-file berukuran besar tersebut juga termasuk aplikasi yang berbasis Windows, Mac ataupun aplikasi mobile. Selain itu, Microsoft juga bakal memberikan peningkatan batasan ukuran file serupa untuk para pengguna OneDrive di segmen bisnis.

        OneDrive sendiri merupakan layanan komputasi awan yang hampir sma dengan dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows life dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya. OneDrive merupakan nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders.
        

        Layanan komputasi awan atau cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasidisajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat  internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

        Microsoft tidak hanya memberikan peningkatan pada  batasan ukuran file, tetapi juga memberi kelonggaran dalam hal pengunggahan atau pengunduhan (download). Pengguna OneDrive bisa mengunggah ataupun mengunduh beberapa file secara bersamaan di perangkat PC serta Mac. Dengan begitu, proses sinkronisasi pun bisa berlangsung lebih singkat.

       Sebagai tambahan, para pengguna Windows 7 serta 8 bisa memperoleh link file OneDrive secara langsung dari Windows Explorer, tanpa harus melakukan sign in terlebih dahulu. Fitur ini menurut rencana bakal segera dirilis pada beberapa minggu mendatang. selamat menikmati peningkatan batasan file OneDrive bagi para penggunanya.


  by :                                 
Hawin Rizkatul Barkah                
hawin@internetclub.or.id               

0 komentar:

Posting Komentar